ARTI SILATURAHIM & SILATURAHMI

Posted by Amien on 06:09 PM, 08-Jan-11

Under: Religi

Kawan,sering mendengar kata silaturahim dan silaturahmi kan?Bahkan kau sendiri tak jarang mengucap kata tersebut,kata yg mana yg sering kau ucapkan.Silaturahim atau Silaturahmi?

Kalau aku pribadi kata dua-duanya sering kupakai.Sebenarnya mana sih yang benar antara silaturahim dan silaturahmi?Sepintas seperti sama ya,cuma bedanya rahim sama rahmi.

Kawan,ternyata kedua kata tersebut mempunyai arti yang berbeda.(waah,jadi gmna dong..lebih banyak yg benar atau yg salah ya selama ini dlm hal mengucapkan kata2 tersebut?)

Sementara itu,banyak orang berpendapat bahwa kedua kata ini mempunyai kesamaan arti,yakni menyambung tali kekerabatan.Banyak yg salah menyebutkan,sampai sekarangpun masih banyak orang yg mengatakan silaturahmi.(termasuk aku..hehe ngaku dah..)

Menurut para ulama,silaturahmi berasal dari dua suku kata,yaitu silah dan rahmi.Silah artinya menyambungkan,sedangkan rahmi artinya rasa nyeri luar biasa yg dirasakan ibu-ibu sebelum melahirkan anaknya.Makanya,tidak heran ya sob,kalau bnyak orang saling menyakiti karena selama ini pun salah menggunakan istilah silaturahmi.

Menurut para ulama,yang benar adalah silaturahim.Silah yang berarti menyambungkan dan rahim artinya kekerabatan.Jadi silaturahim "menyambungkan kekerabatan ukhuwah diantara kita semua."

~Begitu sob...,jadi silaturahim yah jangan silaturahmi..~
**Salam silaturahim**

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

49 responses to "ARTI SILATURAHIM & SILATURAHMI"

Hendrik Bisik on 06:46 PM, 08-Jan-11

silaturahim sob. . . Thanx ya da mampir di blog ane.

Hendrik Bisik on 06:46 PM, 08-Jan-11

silaturahim sob. . . Thanx ya da mampir di blog ane.

Hendrik Bisik on 06:46 PM, 08-Jan-11

silaturahim sob. . . Thanx ya da mampir di blog ane.

Ifin on 06:53 PM, 08-Jan-11

Sila artinya menyambung, rahim artinya kandungan. .jadi menyambung kandungan d0nk. . mrgreen

Amien on 06:57 PM, 08-Jan-11

@Hendrik Bisik: sama2,terima kasih ya udh berkunjung balik kesini.

Amien on 07:09 PM, 08-Jan-11

@ifin: ya,itu menurut ulama loh.iya rahim itu kandungan,anak yg lahir dari rahim/kandungan seorang wanita/ibu akan menjadi kerabat kita,saudara kita.Jadi menyambung kekerabatan,bukan menyambung kandungan.Mgkin bgtu yg dimaksud para ulama.Jadi menurutmu mana yg benar sob?Silaturahmi atau silaturahim?

Ifin on 07:35 PM, 08-Jan-11

Hehehe . .kalo q sich ea gmN EA? mrgreen coz q malah jarang dnger yg silaturrahim. .

Amien on 08:12 PM, 08-Jan-11

@ifin: iye aku jg lbh sering dngr yg silaturahmi.So,cb tnya sob ke ustadz/guru ngaji disekitar lokasimu yg dkt dstu..kl mau nanya sih..Buat tmbah2 informasi..biggrin

Opick on 01:16 AM, 09-Jan-11

silaturahim sob. . .
Thanx ya da
mampir di blog
abdibiggrin

Amien on 06:18 AM, 09-Jan-11

@opick: silaturahim opick,ok sama2 thnx..

Salam

Aqdw on 02:00 PM, 09-Jan-11

Silaturahmi orang indonesia bilang.
Silaturahim orang islam bilang, dari bahasa arab.
Begeto kali yak?

Amien on 03:12 PM, 09-Jan-11

@kang aqdw: mgkin bgtu kang..Mgkin jg bnyk orng berpendapat khususnya orng indonesia bhwa silaturahmi dan silaturahim memiliki arti yg sama.Tp y kl kita percaya sama ulama,tdk ada salahnya kan kang bilang silaturahim..

Smile biggrin

Ifin on 04:29 PM, 09-Jan-11

Oh,ea boz,kpan2 q tak nanya ama pak kiayi mrgreen

fitr4y on 04:57 PM, 09-Jan-11

wah .. aku juga termasuk yg salah dg..

makasih dah berbagi info .. smile

Amien on 05:19 PM, 09-Jan-11

@ifin : sipp..Ta tunggu informasinya.Thnx y

Awang Haldis on 05:25 PM, 09-Jan-11

Siiiip mrgreen

Amien on 05:28 PM, 09-Jan-11

@fitr4y: ya sama-sama terima kasih..Ya aku jg bnyak yg salah dalam pengucapannya.

Amien on 05:30 PM, 09-Jan-11

@fitr4y: ya sama-sama terima kasih..Ya aku jg bnyak yg salah dalam pengucapannya.

@Awang haldis: tengkyu.. :d

fathe on 12:15 AM, 10-Jan-11

Met tgh mlm bos,MWB menurut aq krang bgus..makany aq pndah host . . .ea dah met istrahat http://pointblank.xp3.biz

Opick on 12:19 AM, 10-Jan-11

wink

Ifin on 05:50 AM, 10-Jan-11

smile

Amien on 07:59 AM, 10-Jan-11

@fathe: oh ya udah gak apa2?Gak jd soal,yg penting tetap bisa nge_blog.Dan tetap bs menjalin tali persahabatan di maya.

Salam..

Amien on 08:14 AM, 10-Jan-11

@opick & ifin : terima kasih senyumannya.

Dibalas senyuman dari aku biggrin

yayun on 09:43 AM, 10-Jan-11

Bertandang : ngapel : nganjang ini apa yang kira2 asalnya atau artinya?

Amien on 09:55 AM, 10-Jan-11

@yayun: matursuwun bertandang kesini ya..

Bertandang jg bermaksud bertamu bisa diartikan silaturahim.
Ngapel,jg dimaksudkan bertamu(ngapel menurutku hanya basa gaul,yg biasa diucapkan anak2 muda jaman skrg,yg mau berkunjung/bertamu kerumah sang kekasih.)

Nganjang (mgkin dari bhsa jawa,yg menurutku sama saja dgn bertandang/bertamu).

Terima kasih kang yayun atas komentarnya.

Salam persahabatan dari aku..

Blogmob on 04:26 PM, 10-Jan-11

jah.. Slama ini saya salah donk,.. biggrin http://www.bujen.tk

dekykoko on 04:28 PM, 10-Jan-11

Blognya udah mulai ramai ni ye wink
Kunjungi bro http://dekykoko.wapka.mobi wap sekaligus memiliki blog

Amien on 05:17 PM, 10-Jan-11

@blogmob: aku juga selama ini bnyk salah dalam hal pengucapan kata2 tersebut.Tp skrg aku memilih silaturahim aja deh.Ditrima gak ya?

Salam silaturahim..

Amien on 05:27 PM, 10-Jan-11

@sobatku dekykoko:

ya begitulah..Aku tetap berusaha semampuku dalam menciptakan sebuah blog yg ramai pengunjung.Terima ksh sobat deky udh brknjung lagi kesini.Ok,nanti aku brkunjung balik keblogmu..

Terima ksh jg buat teman2 yg lain.Aku mencintai kalian semua.

Salam silaturahim..

dekykoko on 05:46 PM, 10-Jan-11

Masih bro blog ku d mwb, tpi aku mau mengembangkan wapsite ku, biar ramai pengunjung smile


http://dekykoko.wapka.mobi/

Amien on 05:53 PM, 10-Jan-11

@dekykoko: ok deh,mga wapsitenya ramai,cepat berkembang dengan pesat.

dekykoko on 12:33 PM, 11-Jan-11

Thanks bro, iya nih pengen mengembangkan wapsite jejaring sosial sederhana wink
http://dekykoko.wapka.mobi/

sinyobain ® on 02:45 PM, 11-Jan-11

helöw...heløw smua,saling berkunjung and silahturahmi mudah2an dipanjangkan umurny dan bnyk Rejeki.... mrgreen

Amien on 02:58 PM, 11-Jan-11

@sinyobain: hello jg,terima ksh kunjungannya.

Ya dgn berkunjung dan bersilaturahim mudah2an kita semua dipanjangkan umur,sehat,dan bnyak rejeki..Amiiin ya robbal'alaamin..

Salam sahabat..

Rian Saputra on 09:31 PM, 11-Jan-11

waduh.. menyambung rasa nyeri luar biasa?
bener2 beda ya artinya..

Opick on 09:34 PM, 11-Jan-11

kunjungan silaturahim sob. Maaf baru sempet lagi nulis koment secara panjang lebar. Hp saya kemarin rada eror. Tombol huruf macet, cuma bisa salin-tempel saja. Oya gmana dgn kbrmu sob? Semoga senantiasa sehat wal'afiat. Met malam dan met beristirahat bersama keluarga.

Amien on 10:39 PM, 11-Jan-11

@Rian Saputra: Iya sob,antara silaturahim dan silaturahmi memiliki arti/makna yang berbeda.Berbedaan arti yg mencolok.

Amien on 10:46 PM, 11-Jan-11

@Opick: salam silaturahim juga sobat,sekarang udah lancar kan hpnya?

Alhamdulillah kbrku dan klrg sehat wal afiat dlm lindungan Alloh.Semoga dirimu dan klrga jg dlm keadaan sehat wal afiat,dan dlm lindungan Alloh swt.Amiiin..

Salam silaturahim...

Gunturalif on 11:42 PM, 11-Jan-11

kalo saya silaturrochim dah hehehe..rahmi=rahim wanita,rochim=sayang/ksihsayang,bner g yah hehe..lam knal smua

Amien on 12:45 AM, 12-Jan-11

@gunturalif: kau benar sob,bahwa rohim jg memiliki arti sayang atau penyayang atau kasih sayang.

Oke sob,salam kenal dan salam silaturahim.

Opick on 01:27 AM, 12-Jan-11

blum bisa tidur yah sob.sama.wah tamu nya banyak juga nih.pasti hbis muter-muter ya?oke salam kenal buat semua.

Amien on 01:42 AM, 12-Jan-11

@opick: iya nih,muter-muter sampai laper,mau masak mie instan ahh..Mau gak sob?Batre hp lemah mau dicas dulu.Hpku ikut2an laper..Ada2 aja. .

LpuARmy on 08:47 AM, 13-Jan-11

infonya bgus bro, slam silahturahim bro mrgreen

Amien on 09:35 AM, 13-Jan-11

@LpuARmy: terima kasih sob komentarnya.

Salam silaturahim kembali sob..

Azou on 12:19 PM, 11-Aug-11

Betul, scra etimologi silaturahmi, diambil dr kata silah brarti tali menyambungkan, rahmi dari kata rahmun, artinya ikatan darah, jd silaturahmi harusnya menyambungkan tali persaudaraan yg memiliki ikatan sedarah,

Azou on 12:24 PM, 11-Aug-11

Kalo silaturahim, sila=menyambungkan, rahim=kasih sayang jadi menyambungkan tali kasih sayang, kata silaturahim lebih tepat digunakan ktika kita mengunjungi rekan, atasan atau bawahan yg jelas tdk memiliki hubungan sedarah,

popy on 01:34 PM, 11-Sep-11

thx atas tambahan wawasannya slama ini gak terpikir, salam silaturahim

M.Kusman Burhan on 08:55 AM, 28-Nov-11

Kata Silaturahmi dan silaturahim sebaiknya jangan dipertentangkan. Sebab yang satu yaitu Silaturahmi itu bahasa kita bahasa Indonesia artinya menyambung tali persaudaraan. Silaturahim itu bahasa Arab artinya ya sama sebagaimana arti silaturakhmi tadi. Nah yang salah adalah orang kita yang melihat atau memandang kata silaturahmi dari segi bahasa Arab. Kalau kata silaturakhmi dipandang dari bahasa Arab jelas akan beda artinya. Kita sebagai bangsa Indonesia juga punya bahasa sendiri yang harus kita pelihara dan kita banggakan. Jadi dua kata itu artinya sama, jangan salah satu dipersalahkan. Sebagaimana contoh : jangan kata mangkok dipandang dari segi bahasa Jepang, karena artinya bisa lain. Jadi kesimpulannya, jangan kita melihat bahasa kita dari sisi bahsa orang lain. Itu saja. Cobalah berfikir positif terhadap apa yang kita miliki. Bukan sebaliknya. tks.

buat m.kusman burhan on 06:01 PM, 29-Aug-12

justru 2 kata tersebut serapan dari arab emang indonesia yang buat yaa ckckckckck...

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images