Optimalisasi Bulan Ramadhan

by Amien on 12:53 PM, 17-Jul-11

Category: Religi

Assalaamu'alaikum wr..br

Segala puji bagi Allah,Rabb semesta alam.Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad SAW keluarga dan sahabatnya dan para pengikutnya.
Alhamdulillah,tanpa terasa bulan Ramadhan akan segera tiba.Begitu cepat waktu bergulir,begitu lalai terhadap waktu,Astaghfirullahal'adzim.
Para Pengunjung blog Amien's Mobile Blog yang dirahmati Allah SWT,tentu sudah tidak asing lagi kita dengan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan ini.Sudah berkali-kali kita melewati bulan suci ini,tapi apakah sudah terlewati secara optimal dan efektif? Kadang kita menahan lapar dan haus saja,tapi hal-hal lain tidak ditahan misalnya emosi,berbohong, pandangan, ghibah, dan hal negatif lainnya.
Sadarkah kita jika melewati bulan ini hanya begitu saja sungguh kita adalah orang yang sangat merugi. "Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan berbuat jahat(padahal dia puasa),maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minum" (HR.Bukhari)

Adapun dalil-dalil yang menyatakan bahwa puasa di bulan Ramadhan ini begitu penting adalah:
1. "Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa,sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertakwa" (QS Al-Baqarah: 183)
2. "Bulan Ramadhan,bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dengan yang bathil),karena itu barangsiapa diantara kamu menyaksikan (masuknya bulan ini) maka hendaklah ia puasa.." (Al-Baqarah: 185)
3. "Telah bersabda Rasulullah saw: Islam didirikan diatas lima perkara: Bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah,dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Puasa dibulan Ramadhan, Menunaikan haji ke Ka'bah. (HR.Bukhari Muslim)

Sangat jelas bahwa puasa dibulan Ramadhan ini sangat penting bagi kita umat manusia agar dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.Jadi apa saja yang harus kita persiapkan agar bulan Ramadhan ini, yang Insya Allah akan dimulai pada awal bulan Agustus 2011,dilewati secara optimal dan efektif? Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan,yaitu moral, ilmu, fisik dan harta.
1. Moral .Kita jangan terbebani dengan datangnya bulan Ramadhan ini,tapi yakini kalau ini adalah saat yang tepat untuk semakin meningkatkan kualitas ibadah kita, keimanan kita, dan ketaqwaan kita.
2. Ilmu .Kita harus tahu dulu ilmu-ilmu tentang bagaimana meraih bulan Ramadhan ini dengan sukses.
3. Fisik .Kondisi fisik yang baik akan menunjang kegiatan ibadah kita mulai dari puasa, sholat tarawih, tilawah Qur'an, pekerjaan dan aktifitas positif lainnya.
4. Harta .Karena dibulan ini Allah swt melipatgandakan segala amalan kita, maka jangan lupa kita untuk zakat, shadaqah dan infak.

Setelah kita mempersiapkan 4 poin diatas,maka lakukanlah amal-amalan dalam rangka mensucikan diri agar kembali fitrah ketika telah melewati bulan Ramadhan ini.

1. Tilawah Al-Qur'an ,perbanyaklah membaca Al-Qur'an dan harus dipaksakan dalam setiap kesempatan.
2. Tarawih (Qiyamul Lail) , "Barangsiapa yang melakukan qiyamullail dibulan Ramadhan karena iman dan ikhlas dalam pelaksanaannya maka ia akan di ampuni dosa-dosa sebelumnya (dan yang akan datang). " (HR.Bukhari-Muslim) 3. Ifthar dan berinfaq ,beri makanlah kepada orang yang puasa (untuk berbuka), "Barangsiapa yang memberi ifthar kepada yang puasa maka ia akan mendapatkan pahala senilai pahala yang puasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang puasa." (HR.At-Tirmidzi)
4. Memperhatikan kesehatan ,penampilan dijaga (jangan tampak lemas dan bermalas-malasan) ,menyikat gigi.
5. Menjaga harmonisasi dengan lingkungan ,tetap menjaga hubungan baik dengan keluarga dan tetangga.
6. Berdo'a dan bertaubat ,karena orang yang beriman dan bertaqwa tidak akan merasa cukup dalam meminta pengampunan kepada Allah SWT,selalu takut akan tidak diampuni.
7. I'tikaf ,berdiam diri di masjid dengan maksud beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT terutama pada 10 hari terakhir.
8. Lailatul Qadar ,malam dimana lebih mulia dari seribu malam.Dan kita tidak mengetahui dengan pasti kapan lailatul qadar ini datang, oleh karena itu setiap hari harus perbanyak ibadah terutama malam-malam ganjil.
9. Umrah ,umrah dibulan suci ini nilainya sama seperti ibadah haji, "Apabila datang bulan Ramadhan maka berumrahlah,sebab umrah di bulan Ramadhan sama nilainya dengan haji atau sama dengan ibadah haji bersamaku. " (HR.Bukhari-Muslim)


Bulan yang sangat di muliakan oleh Allah SWT ini, memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan diantaranya adalah:
1. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih wangi daripada aroma kasturi.
2. Para malaikat memohonkan ampunan untuk orang yang sedang berpuasa sampai mereka berbuka.
3. Setiap hari Allah menghias syurga seraya berfirman: "Sudah dekat saatnya hamba-hambaKu yang shalih dibebaskan dari beban dan derita,lalu mereka datang menuju kepadamu (syurga). "
4. Pada bulan Ramadhan syetan-syetan dibelenggu.
5. Pintu-pintu syurga dibuka dan semua pintu neraka di tutup.
6. Pada bulan Ramadhan terdapat Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan.Barangsiapa tak mendapatkan kebaikan malam itu maka tak akan mendapat segala kebaikan.
7. Orang yang berpuasa,pada akhir malam bulan Ramadhan diberi ampunan.
8. Sebagian penghuni neraka dibebaskan Allah pada setiap malam bulan Ramadhan.

Setelah kita tahu keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan,maka sepatutnya kita menyambut dengan hati yang terbuka.Maka berlomba-lombalah dalam melakukan aktivitas kebajikan.Semoga kita mendapat ampunan dari Allah SWT dan kembali menjadi fitrah setelahnya.Wallahu'alam..

Wassalaamu'alaikum wrbr
Bandung,15 Sya'ban 1432 H

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

40 responses to "Optimalisasi Bulan Ramadhan"

aden [01:08 PM, 17-Jul-11]

met siang kang amien,gmana kbar,lama nich gak keliatan posting nya tapi sekali posting bawa artikel yang mantap.

Amien [01:32 PM, 17-Jul-11]

#Kang Aden > Met siang juga kang..Alhamdulillah kbr baik kang,semoga kang aden jg sehat..
Semoga apa yg aku tulis bermanfaat..

Ykubnay [01:41 PM, 17-Jul-11]

INSYALLAH Kang,Kang amien pkbrnya?

Amien [02:21 PM, 17-Jul-11]

#Kang Ykubnay > Alhamdulillah kbr baik kang,semoga kang Ykubnay bsrta juga dalam keadaan sehat,semoga saja kita bs ketemu lg dgn bln ramadhan,dan bs menjalankan ibadah kita dgn optimal.

⣇metaLiar⣇ [02:41 PM, 17-Jul-11]

met sore gan... Ikutan baca ne...

Asep Saepudin [03:03 PM, 17-Jul-11]

assalamu alaikum wr wb...apa kbrnya kang amien,baik2 aj kan? Mdh2n kang amien dan keluarga dlm keadaan sehat wal afiat...

artikel yg sangat bermanfaat dan bnyk hikmahnya kang,bnyk hikmah yg terkandung di dlm bulan suci ramadhan ini yg penuh dgn rahmat dan ampunan dari Allah swt...selamat beraktifitas lg kang amien,salam rindu dari saya untuk kang amien...

Amien [03:14 PM, 17-Jul-11]

#Sohib Metaliar > selamat sore jg sob, tafadhol sob,semoga mendapat pahala kebaikan dari Allah Swt.

abdii sanx mata-hatie [03:17 PM, 17-Jul-11]

mt mnymbt ramadhan kang, smg sehat sll biggrin

abdii sanx mata-hatie [03:17 PM, 17-Jul-11]

mt mnymbt ramadhan kang, smg sehat sll biggrin

Amien [03:20 PM, 17-Jul-11]

#Kang Asep Saepudin > Wa'alaikum salam wrbr Kang Asep,Alhamdulillah kbrku baik dan sehat,terima kasih didoakan,semoga kang Asep bsrta keluarga jg dlm keadaan baik dan sehat tetap dlm lindungan Allah swt.
Ya,semoga kita mendapat ampunan dari Allah swt..

Terima kasih kang Asep udah bersilaturahim .Salam Rindu kembali dari Kang Amien.

Amien [03:26 PM, 17-Jul-11]

#Kang Abadee > Ya,selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,semoga kita mampu menjalankan ibadah puasa tahun ini dengan optimal,dan mendapat ampunan dari Allah swt..amiin ya rabbal'alamin.

Terima kasih,didoakan pula semoga kang Abadee sehat selalu..

Salam Ukhuwah..

Am'z [03:35 PM, 17-Jul-11]

nyimak n kunjungan prtama gan

Amien [04:15 PM, 17-Jul-11]

#Sohib Am'z > Tafadhol Sob,terima kasih atas kunjungannya..
Salam sahabat..

Kang Sabel [04:24 PM, 17-Jul-11]

Alhamdulillah Aku msh dbri ksempatan dapat bertemu Bulan Ramadhan lg kang..Samoga kita semua dapat kemulian dari Sang Khalik..kang amien gmna kbar??moga slalu baik2 aja..

fin788 [05:08 PM, 17-Jul-11]

kunjungan sore sob..

Amien [06:09 PM, 17-Jul-11]

#Kang Sabel > Alhamdulillah wal Sukrillah,tinggal berapa minggu lagi kita akan jumpa lagi dengan Bulan Suci Ramadhan,semoga kita semua bisa melaksanakan perintah Allah swt yakni berpuasa di bulan Ramadhan bulan yang penuh ampunan dengan Sempurna.

Alhamdulillah..kbrku baik dan sehat kan,didoakan semoga kang Sabel dan keluarga pun demikian,sehat dan tetap dalam lindungan Allah swt,agar tetap bisa beribadah kepada Allah swt.

Amien [06:13 PM, 17-Jul-11]

#Sobat Fin788 > Terima kasih kunjungannya sobat,diterima dengan senang hati..semoga tidak bosan dan bisa berkunjung lagi kesini.
Salam Sejahtera..

Rao [07:16 PM, 17-Jul-11]

mrgreen akhirnya update jg blognya

Amien [07:26 PM, 17-Jul-11]

#Bang Rao > iya bang rao,daripada terlantar nih,gimanapun juga aku pasti kangen dengan blog ini,rindu dengan sahabat2 MWB semua...tidak ada tempat lain selain MWB untuk menyampaikan sebuah uneg2 ataupun ilmu yg sekiranya bermanfaat..
Sungguh aku merindukan sahabat2 MWB semua..

Gunturalif [11:49 PM, 17-Jul-11]

absen malem,smbil nyimak kang..

Amien [04:04 PM, 18-Jul-11]

#Kang Gunt >iyo kang,absene tak trimo,nembe onlen iki.turnuwun absene..

Soen [09:27 PM, 18-Jul-11]

Jaga kondisi dan tetap semangat!

Erna Fitriani [04:03 PM, 19-Jul-11]

apa kabar kang?..
Piye kabare?..
Kumaha damang?..
Heuheu.. Diborong..
Maaf tlt kang..
Nha nyimak ajja dl ya kang..

Amien [10:55 PM, 19-Jul-11]

#Kang Soen > Ok kang,tetap semangat..

#Nha > kbr baik nha,alhamdulillah sehat..didoakan juga semoga nha sehat selalu ya,.

Aji [06:30 PM, 21-Jul-11]

manteb ... Gan,.... Absen

Amien [06:46 PM, 21-Jul-11]

#Sohib Aji > Terima Kasih sob,absennya diterima dgn senang hati..

Zhaaxx [08:46 PM, 22-Jul-11]

absen

Ulan Wahyu Ewa [10:27 AM, 23-Jul-11]

siank kang ud lma kagak ksini..
Ap kbr??
Blog na mkin rame aja...

DaNi.CyberZ [09:33 PM, 23-Jul-11]

Ijin gabung yah..
ANak bru nh mhn bimbinganya.
Kritik+saranya sgt qu tngu di blogku biggrin

Amien [06:02 PM, 24-Jul-11]

#Sobat Ulan WE > alhamdulillah kbrku baik2 aja sob,semoga dikau jg baik2 aja ya..?aku jg udah lama nih gak kunjung keblogmu,ntar aku mampir deh..hmmm,perasaan blogku biasa2 aja deh,rame enggak,sepipun enggak..hehe..thnk ya udah mampir dimari..

Amien [06:03 PM, 24-Jul-11]

#kang Zhaaxx >Oke absen diterima dgn senang hati..thnks atas kunjungannya..

Amien [06:05 PM, 24-Jul-11]

#Kang Agunk >sama-sama kang,aku jg minta maaf ya jika ada salah dan dosa kepadmu,disengaja ataupun tidak disengaja...

Amien [06:08 PM, 24-Jul-11]

#Sobat Dani Cyberz > silahkan sob,thanks ya udah kunjung kesini,oke deh ntar aku mampir keblogmu..

Hani91 [10:08 AM, 28-Jul-11]

Assalamu'alaikum....

Apa kbr kang..???
Lama gk sling nyapa,,

Sebelum menjalani ibdah puasa Ramadhan ,yg tggal 3hari lg, hani mau minta maaf xlo hani pnya salah2 kata n perbuatan yg krang brknan d hati..

Hemz... Komplit bgt pnjelasan untk Ramadhan ini,, semoga qta smw bsa menjalankan ibadah puasa dgn sebaik2'y...
Aamiin ...

fin788 [04:32 PM, 29-Jul-11]

absen sore Sob, Thx

http://fin788.pun.bz

Amien [01:49 PM, 30-Jul-11]

#Sobat Edi Siswanto > Silahkan sob,semoga bs mendapat tambahan ilmu yg bermanfaat..dan dapat ridho dari Allah swt.oke deh nanti aku mampir ke blogmu..Insya Allah...

Amien [01:51 PM, 30-Jul-11]

#De Hani > Wa,alaikum salam wrbr,iya..de aku juga minta maaf ya..barangkali ada salah dan dosa yg disengaja maupun tak disengaja...semoga Allah swt mengampuni segala dosa2 kita...amiiin....

Amien [01:53 PM, 30-Jul-11]

#Sobat Fin788 > Absen diterima dengan senang hati sob,thanks ya..udah mampir kesini....

Abdi Skipper [02:05 PM, 30-Jul-11]

Assalammu'alaikum wr.wb '

Segenap karyawan fenomena simple blog mengucapkan ... '

SELAMAT MENYAMBUT DATANGNYA BULAN SUCI RAMADHAN 1432 H "

'sEMOGA Allah s.w.t selalu menaungi setiap langkah2 Hamba2-Nya dan memberi ke Dewasaan dalam menyikapi hidup di Dunia ini ...


'Semoga Allah s.w.t senantiasa Mencurahkan segala Rahmat dan Hidayah-Nya ,dan memberi kesempatan Untuk Hamba-Nya yg ingin bertaubat ...
'Dan selalu bersihkan hati .karena Hati sumber dari segala penyakit



Wassalmmu'alikum wr wb

RIFKIE JACKSON [09:02 PM, 09-Aug-11]

http://rifkiejackson.blogspot.com

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images