Pengertian Mimpi Dan Macam-macamnya

Posted by Amien on 12:47 PM, 29-Jan-11

Under: Religi



Assalaamu'alaikum wr..br..
Disini aku akan menjelaskan sedikit pengertian tentang mimpi.
A.PENGERTIAN MIMPI
Ada orang yg menyebutkan bahwa mimpi ialah sesuatu yg dialami ketika tidur(bawah sadar), yg ditimbulkan oleh ingatan atau kesibukan diwaktu siang hari sebelum tidur.

Definisi (pengertian) mimpi yg disebutkan dalam Al-Qur'an ialah: Roh ayan (jiwa) melayang-layang keangkasa,melepaskan diri dari badannya,tetapi dapat kembali lagi,sedangkan jiwa yg lepas dari tubuhnya,kemudian tidak kembali lagi,itulah yg disebut pati (mati).

Memang tidak mudah orang meletakkan difinisi tentang mimpi,karena hal itu sangat erat dengan jiwa,dimana jiwa pengertiannya yg tahu persis adalah Allah swt,manusia hanya dapat menduga-duga saja.

B.MACAM-MACAM MIMPI DAN TINGKATANNYA.
Mimpi terbagi menjadi 2 yaitu:
1.Impian yang mempunyai alamat.
2.Impian yg tidak mempunyai alamat.
~Impian yg tidak mempunyai alamat yaitu:
a.Impian raja atau pejabat yg dhalim.
b.Impian dalam berhadats(kotor)
c.Impian yg ditimbulkan oleh angan-angan sebelum tidur (aktifitas sepanjang hari).
Adapun impian yg beralamat terbagi 4,melihat neptu hari dan pasaran.Contoh umpamanya:
Bermimpi malam Ahad (Minggu) kliwon, Ahad neptunya 5, kliwon 8 lantas dijumlah 5+8=13,kemudian menghitung pedoman dibawah ini:
1.Santri artinya: impian benar tidak dusta.
2.Mengimpi artinya: impian betul.
3.Goroh artinya: impian kurang benar.
4.Ura-ura artinya: impian palsu.

Cara menghitung,jika sudah sampai 4 kembali lagi dari satu,demikian seterusnya hingga habis 13,yg berarti mimpi pada malam Ahad kliwon,jatuh pada no.1 Santri,alamatnya baik sekali.
Atau dengan cara lain sbb:
1.Taru artinya: impian dusta
2.Mengimpi artinya: senang mimpi
3.Goroh artinya: impian dusta
4.Gati artinya: impian benar.
Cara menghitung dibalik dari bawah keatas, (dimulai 4 ke 1), jika sudah 1 kembali lagi ke 4, begitulah seterusnya sampai habis bilangannya.

C.TINGKATAN MIMPI
1. Mimpi yg dialami para Nabi dan Rasul disebut juga Wahyu Allah.Seperti Nabi Ibrahim mimpi menyembelih anaknya,demekian itu diulang sampai 3x, sehingga akhirnya mimpi dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim as.
Atau seperti Nabi Yusuf ketika masih kecil mimpi 11 bintang dan matahari serta bulan, semuanya menghormati kepada Nabi Yusuf,yg akhirnya setelah menginjak dewasa ia menjadi seorang Nabi dan Rasul serta menjadi mentri dipemerintahan waktu itu.
2. Mimpi yg dialami para Waliyullah dan para 'alim Ulama,lazimnya orang menyebutnya ilham.
3. Mimpi yg dialami oleh orang mukmin dan orang biasa disebut mubasy-syirah,seperti yg dikatakan oleh Rasulullah Muhammad saw: La tabqa minannubuwwati illal mubasy-syirah.Artinya: Tiada yg tertinggal dari kenabian,kecuali mubasy-syirah atau impian baik orang mukmin.

Sahabat-sahabatku semua yg tercinta,demikianlah pengertian mengenai tentang mimpi.semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul wal kalimah wassalaamu'alaikum wr..br.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

66 responses to "Pengertian Mimpi Dan Macam-macamnya"

Soen on 02:42 PM, 29-Jan-11

Wa'alaikum salam..
Pengertiannya gak sama dgn yg aku jabarkan. Aku cuma njelasin, mimpi yg menyenangkan dan tidak menyenangkan. Hehe.. Maklum ae kang, definisi orang awam.
Sip kang, penjabaranya tentang mimpi.
Met sore, moga mimpi menyenangkan.

Gunturalif on 03:03 PM, 29-Jan-11

lumayan tmbh dikit

Amien on 03:20 PM, 29-Jan-11

@soen: definisi nya menurut paham jowo.Krn aku yo wong jowo.Kita sbg manusia hanya bisa berusaha,ikhtiar,penjelasan mimpi yg aku tulis diartikel ini sbg upaya/patokan kita menerangkan tentang mimpi yang baik atau yg tdk baik.Wallahu 'alam.Hanya Allah yg tahu.
Oke deh kang met sore jg..

Amien on 03:29 PM, 29-Jan-11

@gunturalif: mudah2an bermanfa'at ya?Apakah sampean bermimpi td malam?Ta ramal...hehe koyo peramal wae..

Soen on 05:14 PM, 29-Jan-11

Aku ngimpi basah kang, krasa2 kasur wes teles kebes. Kuwi tegese pye?

Handoko on 05:23 PM, 29-Jan-11

Assalamu'alaikum, salam kenal sebelumnya..., ane newbie di Mwb., postingan agan bagus. Bisa nambah pngetahuan ane.., makasih gan. Kalo ada wktu mampir ke gubug ane ya., wassalaamu'alaikum wr... Wb...

Gunturalif on 06:18 PM, 29-Jan-11

ngipi kang jaran wesiku kobong,karepe piye yo..

Amien on 06:57 PM, 29-Jan-11

@soen: ngimpi basah piye toh,ngompol mbok yo?Dijelaske sing genah..Opo ngimpi basah anu sing nikmat?Upps...

Amien on 07:07 PM, 29-Jan-11

@gunturalif: jaran wesine kuwi,kriditan,colongan,opo anu nemu.Opo anu hadiah..?jel..

Amien on 07:10 PM, 29-Jan-11

@Handoko: wa'alaikum salam wr..br.Terima kasih kunjungannya dan komentarnya sobat.Salam kenal kembali,oke aku akan segera berkunjung balik.
Salam persahabatan..

Soen on 07:44 PM, 29-Jan-11

Anu kang, jebule gendengku trocoh rembes nyang kasur.

Amien on 08:03 PM, 29-Jan-11

@soen: oalaaaahh..yo dibeneri sit gendenge..

Opick ngBlog on 08:20 PM, 29-Jan-11

sudah cukup lama saya tidak bisa mengingat mimpi. hanya jika sedang tak enak badan saja saya suka bermimpi dan bisa mengingatnya.
itu hal wajar atau gmana yah kang?

master wanna be on 08:50 PM, 29-Jan-11

Sungguh aneh emang. . .kita tidur baru setengah jam,tp di dalam mimpi seperti sudah berhari2. .wallahu alam. . .

Amien on 09:29 PM, 29-Jan-11

@opick: terkadang kita suka lupa/gak inget sama sekali mimpi yg kita alami semalam misal.Atau ingat setengah2 alur cerita dlm mimpinya.Itu hal wajar saja kang?Jika kang opick suka lupa mimpi yg baru dialami semalam,coba deh baca artikelku yg lain mengenai mimpi,semoga bisa membantu seperti yg kang opick keluhkan.

Amien on 09:37 PM, 29-Jan-11

@master wb: ya itulah rahasia Tuhan.Dimana tatkala kita tertidur dan bermimpi,roh/jiwa kita itulah yg melayang diangkasa.semakin panjang alur cerita mimpinya,semakin terasa seakan-akan lamaaaa bngt..

Khayyi Muslih on 09:40 PM, 29-Jan-11

Aku tadi malam ngimpi digigit ular 2 ekor, susah banget nglepasinnya. Maknanya apa kang amin

Siti Fatimah Ahmad on 10:19 PM, 29-Jan-11

Assalaamu'alaikum Amien...

Didoakan sihat dan sukses selalu.

Mimpi adalah sebahagian dari kehidupan manusia. Mimpi mempunyai tingkatan tersendiri iaitu mimpi baik, buruk dan fantasi. Mimpi yang baik datangnya dari Allah SWT. Mimpi buruk biasanya mainan syaitan dan mimpi fantasi terhasil dari khayalan kita.

Mudahan mimpi yang kita alami dapat difahami agar kita tidak keliru dengan apa yang kita mimpikan.

Info yang menarik dan mencerahkan. Salam mesra dari sarikei, Sarawak. biggrin

Soen on 11:25 PM, 29-Jan-11

Beh, kang amien mimpi orang malaysia.
Diperjelas dgn padat berisi oleh mbak/bu/mas/ Siti fatimah

arieftewe on 11:26 PM, 29-Jan-11

bagus kang amin postingannya, mimpi juga trpengaruh waktu jg antara siang dan malam, jam brp dan mimpi krn kekenyangan makan jg bs.

Amien on 11:55 PM, 29-Jan-11

@khayyi muslih: mimpi digigit ular pertanda baik,kalau yg bermimpi belum memiliki jodoh,insya Allah akan memiliki istri,jika Allah mengizinkan.Wallahu a'lam..

Amien on 12:02 AM, 30-Jan-11

@Bunda siti fatimah ahmad: wa'alaikum salaam wr..br..
amiin..terima kasih do'anya bunda.
Memang betul apa yang bunda katakan,bahwa mimpi mempunyai tingkatan tersendiri.Amien sependapat dengan bunda.Terima kasih bunda atas komentar dan kunjungannya.

Salam mesra kembali dari Indonesia.

Amien on 12:11 AM, 30-Jan-11

@soen: ya kang soen,bunda siti fatimah ahmad dari malaysia.Aku berteman baik dengan beliau didumay.Aku biasa memanggilnya dgn sebutan bunda.Dan teman2 bunda siti yg lainnya pun menyapanya demikian.Aku menyukai artikel2nya karena sangat menarik utk dibaca.

Amien on 12:17 AM, 30-Jan-11

@arieftewe: ya memang betul apa yg kau katakan,bahwa mimpi jg berpengaruh antara siang dan malam,bagaimana kita aja untuk menyikapi dan menanggapi arti mimpi itu.

Andrew on 08:58 AM, 30-Jan-11

Nice gan

Opick ngBlog on 09:27 AM, 30-Jan-11

Wah kang Amin, met berlibur saja yah. thx tuk semua yg Amin berikan pada saya tentang apa saja. berhubung skarang saya lagi narik jadi belum bisa bca sambutan kang Amin diatas.
oke kang, saya muter lagi.

Soen on 10:04 AM, 30-Jan-11

Blognya bunda apa kang? Kali aja ntar mau singgah diblogku. Ato barang kali mau sinau boso jowo, hehe..

Amien on 11:10 AM, 30-Jan-11

@andrew: Terima kasih ya komentarnya.

Amien on 11:17 AM, 30-Jan-11

@Opick: Oke deh kang opick,terima kasih.Hati-hati ya muternya.Semoga makin banyak pelanggannya.Dan semoga pula penghasilan kang opick hari ini lebih banyak drpd hari kemarin.

Amien on 11:21 AM, 30-Jan-11

@soen: iki bloge bunda siti http://web.ctfatimah.wordpress.com sok atuh kunjung kesana.Jgn lupa kasih tau kebunda kl akang tau blognya bunda siti dari Amien..dan aku titip salam buat bunda siti.

Amien on 11:27 AM, 30-Jan-11

Sori kang salah ngetik sing bener adalah http://webctfatimah.wordpress.com

Khayyi Muslih on 12:55 PM, 30-Jan-11

Asyik, tidak lama lagi aku dapat jodoh. Amin ya robb

Opick ngBlog on 01:36 PM, 30-Jan-11

Alhamdulillah, trimakasieh kang Amin tuk do'a nya, hari libur ini penghasilan narik saya standar saja, bnyak langganan yang pergi berlibur dgn belanja atau ada yg kondangan. oke saya ubek-ubek dulu kang Amin, minta ijin, mau saya cari artikel kang Amin seputar alam mimpi. (kayaknya asyik siang-siang gini tidur terus mimpi di gigit ular) mrgreen

Amien on 02:39 PM, 30-Jan-11

@khayyi: aku do'akan deh mga cepat dapat jodoh ya?

@opick: monggo kang opick cari aja di kategori religi..

Adhe'SM on 02:55 PM, 30-Jan-11

Artikelnya menarik sob..!

Amien on 03:05 PM, 30-Jan-11

@adeSM: Terima kasih sob,atas komentar sanjung dan kunjungannya..

Salam ceria selalu.

Khayyi Muslih on 07:35 PM, 30-Jan-11

Blz sini ajah ea.

Udah dicoba belum gan, yupz !!! Cuma ngisi gtu doank dan jangan lupa seting protokolnya pake HTTP

Amien on 08:10 PM, 30-Jan-11

@khayyi muslih: belum dicoba nih,masih ada bonus internetnya soalnya.Ntar aku ta cb nyetting deh..kl udah hbs bnus inetnya.Thnx ya sob..

sunyi on 08:35 PM, 30-Jan-11

mga mimpi indah dimlm ini smile

Opick ngBlog on 09:56 PM, 30-Jan-11

met malam kang Amin, met menjalankan aktipitas malam nya, semoga semua baik-baik saja.

Amien on 11:28 PM, 30-Jan-11

@sunyi: semoga juga dirimu bermimpi baik malam ini.Terima kasih kunjungannya.

Amien on 11:31 PM, 30-Jan-11

@opick: met malam juga kang,semoga njenengan dan keluarga jg baik2 saja.Met istrht ya?

Gunturalif on 08:15 AM, 31-Jan-11

@kang amin..motoRq wesi yo duk kreditan,mtor kredit piye nek numpak jal,nek ngipi aq dadi kelingan titiyoni,gondoyoni,karo mbak puspotajem.opo mbak 3 kui td jek nang jowo po wis dadi tKw yo hehehe

Amien on 10:59 AM, 31-Jan-11

@gunturalif: lha yo piye to? Susah diramal,lha kuwi nama2 kewan opo menungso?Ra mudeng..aku.

Daniel Blinker on 08:02 PM, 31-Jan-11

Wah lucu juga gan...
[h2]MAEN BALIK YA

Amien on 08:09 PM, 31-Jan-11

@daniel blinker: lucu ya?hehe..ya begitulah adanya sob..

Siti Fatimah Ahmad on 09:41 PM, 31-Jan-11

Assalaamu'alaikum Amien...

Saya kembali kerana ingin memaklumi bahawa link ke blog Amien sudah saya tautkan di ruang Dunia Sahabat, di sini:

http://webctfatimah.wordpress.com/dunia-sahabat/

Harap sudi membuat semakan untuk perkenankan namanya.

Terima kasih ya sudah linkkan blog saya di wadah ilmu yang berhikmah ini. Saya rasa dihargai.

Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. biggrin

Amien on 12:56 AM, 01-Feb-11

Wa'alaikum salam wr..br Bunda..
Duh senang sekali rasanya bunda datang lagi kesini.Amien sangat menghargai bund,Terima kasih bunda,jika link blog Amien sudah ditautkan di blognya bunda dibagian ruang Dunia Sahabat.Dan blognya bunda pun sudah amien linkkan dibagian blogroll sebagai tanda persahabatan kepada bunda.Semoga persahabatan ini tetap terjalin ya bund.Sekali lagi amien ucapkan terima kasih buat bunda.

Salam mesra kembali dari Amien.

Hendrik Bisik on 05:12 AM, 01-Feb-11

Wah agan amien pinter menafsir mimpi ya smilebiggrin BLOGWALKING GAN

Hendrik Bisik on 05:13 AM, 01-Feb-11

Wah agan amien pinter menafsir mimpi ya smilebiggrin BLOGWALKING GAN

blog.aircruw.com on 07:33 AM, 01-Feb-11

Jarang mimpi, atau mungkin mimpi tapi jarang ingat apa mimpi semalam.

Amien on 08:52 AM, 01-Feb-11

@hendrik bisik: menafsir mimpi?Gak juga kok sob,biasa aja.Kalaupun bisa,cuma perkiraan.Namanya juga meramal.Semuanya itu berbalik kpd Tuhan..

Oke deh sob.Blogwalking..

Amien on 09:19 AM, 01-Feb-11

@yayun: sama kang,aku juga udah jarang mimpi,atau mimpi udah jarang bs diingat lagi x ya?Mgkin berpengaruh jg ama usia,semakin tua usianya,smkin jarang bermimpi.Mgkin begitu..

Rao on 11:09 AM, 01-Feb-11

KLo saya mimpiin mantan pacar mulu

Opick ngBlog on 11:48 AM, 01-Feb-11

[h2]smalam saya mimpi atau tidak ya? Lupa kang, ohya sampe lupa ngucapin met siang n met menikmati saat siang nya buat kang Amin dan juga Pak Joni yg baik sama kang Amin karna sandal jepit yg dulu kang Amin ceritakan.
Salam ceria .[/h2]

Amien on 12:26 PM, 01-Feb-11

@rao: berarti si dia udah benar2 melupakan dirimu sob,sedangkan dirimu mgkin masih mencintai dia.Atau bahkan mungkin sebaliknya..

Amien on 12:30 PM, 01-Feb-11

@opick: hayo inget2,mimpi apa semalem?Atau gak mimpi sama sekali mungkin..
Oke deh kang opick,met siang jg ye!Oya nih sandal jepit pemberian pak joni,alhdulillah msh awet,msh dipake jg nih..

Opick ngBlog on 08:57 PM, 01-Feb-11

hehe, wah wah, berarti itu sandal sering kebawa mimpi yah kang Amien.
Ohya saya sudah berkunjung ke blog Malaysia milik Bunda Fatimah, wah kang, blognya rame banget, dan rata-rata yang koment disitu tuh yang sudah tahunan kelola blog mereka.
Saya jadi minder kang, tapi alhamdulillah, Bunda ternyata orangnya memang tanggap dalam menjawab setiap komment di blognya dan juga senantiasa berkunjung balik. Jadi salut kang Amin saya sama sahabat sampeyan. Oke salam ceria kang Amien.

Soen on 10:28 PM, 01-Feb-11

Kemaren saya jg touring ke malaysia. Hanya komentar sepenggal kata. Tanpa meninggalkan KTP.
Cara jawane bunda tu orangnya grapyak. Menanggapi stiap komentar dan kunjungan balik pula.
Assalamu'alaikum tu' atu' atu' biggrin

Amien on 11:04 PM, 01-Feb-11

@opick: sandal jepitnya sampai dibawa mimpi ya tidak juga sih kang.Iya kang,blognya Bunda Siti Fatimah tuh memang selalu ramai pengunjung,tidak usah minder kang kl mau berkomentar disana.Bunda Siti tuh orangnya ramah kok,aku senang bersahabat seperti beliau,aku juga senang bertandang kesana.Artikel2nya selalu menarik untuk dibaca dan sangat bermanfaat.Setiap pengomentar selalu ditanggapi dgn jelas,tegas,dan lugas.

Oke deh kang opick,sering2 bertandang kesana keblognya bunda ya.Pastilah Bunda akan senang,dan selalu menerima kunjungan kita.Salam ceria kembali kang opick.

Amien on 11:12 PM, 01-Feb-11

@soen: kenapa tidak ninggalin identitas diri disana kang?Walaupun komentarnya cuma sepenggal kata.Ya tdk apa2 kang..
Oke deh kang,wa'alaikum salam..

Anto on 11:51 AM, 02-Feb-11

Alhmdlh kbr baik Mien, visitor sih lmayan bnyak shr2nya bs 400an, cuma yg coment jarang sh.. http://antikha.net

Amien on 12:41 PM, 02-Feb-11

@anto: ya syukurlah alhamdulillah kang yen awakmu sehat.Ya bagus tuh kang sehari bisa 400an visitor,coba deh kang kl kita memiliki blog,setidak2nya kita aktif diblog kita,misale pengunjung yg komentar,entah komentarnya mengenai artikel itu sendiri,atau hanya skdr kenalan,ya setdknya kita lbh tanggap untuk memberikan suatu komentar balasan kpd pengunjung yg tlh memberikan komentar.Jadi intinya blog itu bisa untuk sarana komunikasi antar blogger atau pengguna internet yg lain khususnya,berbagi ilmu,wawasan,dan bertukar pikiran.
Oke deh kang anto salam ceria selalu untukmu.

Opick ngBlog on 01:29 PM, 02-Feb-11

Wawh, mantap kang pencerahan nya. emang bener skali kang, blog ya pemiliknya tanggap dan perhatian sama visitor, tentu mereka akan kembali berkunjung suatu saat.
Saya mau ke malaysia dulu kang, liat-liat blognya bunda Siti Fatimah, siapa tahu dapat kenalan. hehe salam ceria di mimpi kang.

Amien on 01:53 PM, 02-Feb-11

@opick: oke deh kang carilah sahabat yg baik sebanyak banyaknya.,ati2 dijalan GPRS ya,soalnya jalan GPRS suka macet,saking banyaknya pengguna jalan GPRS..Salam ceria dimimpi jg.

bagasz on 08:10 AM, 09-Jun-12

mimpi dimusuhin temen apa yaa??

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images