Sukses Membangun Usaha Keluarga

by Amien on 01:54 AM, 26-Mar-11

Category: Umum

Assalaamu'alaikum wr br..

Postinganku kali ini,aku mau berbagi kiat "Sukses Dalam Membangun Usaha Keluarga".Ohya,sebelumnya aku mau berterima kasih banyak buat rekan-rekan MWBer dan rekan Blogger yang lain yang telah mendukung dan mendo'akan untuk kemajuan usahaku.

Aku ingin maju,aku ingin sukses dalam usaha,ingin mandiri,agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga,karena aku sudah tidak sendirian lagi,sudah ada pendamping hidup,yaitu istriku yang tercinta,walaupun aku belum mempunyai anak,tapi dari sekarang,dari mulai aku menjadi suami,tanggung jawabku semakin besar,maka dari itu aku ingin hidup mandiri dalam mencari nafkah,selain bekerja mencari penghasilan didunia nyata,didunia internet pun aku manfaatkan untuk menghasilkan pendapatan.,duh,susahnya menjadi orang sukses.Siapa sih yang tidak ingin sukses?Betul tidak??

Kisah sukses usahawan yang merintis langkahnya dari usaha keluarga memang kerap menginspirasi.Wajar dong kalau kemudian muncul usahawan-usahawan baru yang sebagian sukses menghasilkan laba yang besar,dan sebagian lagi tampak sulit menyisihkan uang hasil usaha untuk dapat ditabung(seperti aku,hehe..ngaku deh)

Memang ada begitu banyak faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut,(nah..loh..apaan coba??) Salah satunya adalah manajemen keuangan yang kurang baik.(ohw..gitu ya?ngomong dewe..)
Laba yang semestinya di alokasikan untuk mengembangkan usaha malah dipakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga.(jadi salah deh..terus gimana dong?) .Oleh karena itu,menentukan seberapa besar persentase untuk masing-masing kebutuhan menjadi langkah awal yang dapat dilakukan.

Memang tidak ada aturan baku untuk pembagian tersebut,semua tergantung pada kondisi dan kebutuhan masing-masing.Tapi,yang jelas,pembagian tersebut sebaiknya diikuti dengan komitmen dan disiplin demi pengembangan usaha.

Memisahkan rekening pribadi dan rekening usaha pun patut dilakukan agar mudah untuk memantau kondisi keuangan.Lagi pula,jika rekening usaha dan rekening pribadi dijadikan satu,akan sangat berisiko jika uang usaha digunakan untuk kepentingan pribadi.

Masih menyangkut pemisahan rekening,administrasi atau pencatatan uang keluar dan masuk juga perlu dilakukan.Bukan semata untuk mendisiplinkan diri,hal tersebut juga berguna membuat usaha menjadi "bankable" .

Bayangkan saja,jika mampu melampirkan administrasi dan data keuangan yang baik dan rapi,pihak bank tentu tak akan terlalu berkeberatan untuk memberi pinjaman modal.

Proses adaptasi terhadap kondisi pasar hendaknya tak boleh luput dari perhatian.Dengan demikian,produk dapat terus dikembangkan dan dapat diterima oleh konsumen.Kita dapat menarik pelajaran bahwa produk-produk yang tidak dikembangkan dan tidak dibarengi dengan pemasaran yang baik,hampir dapat dipastikan akan tergeser oleh pesaing.

Sementara agar usaha keluarga dapat terus berjalan,proses regenerasi pun sebaiknya dilakukan karena suksesi kepemimpinan yang berhasil membutuhkan waktu yang panjang agar usaha keluarga terus berkiprah.

Begitulah sobat kiatnya.Aku juga lagi belajar menjadi orang yang sukses dalam usaha.Mudahan artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan.

Terima Kasih...

Wassalaamu'alaikum wr.br

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

49 responses to "Sukses Membangun Usaha Keluarga"

aden [05:41 AM, 26-Mar-11]

Met pagi kang amien,semoga usaha nya tambah lancar,hebat menejemen keuangan na mah,pasti cepet kayabiggrin

Satriavi [07:13 AM, 26-Mar-11]

Assalamualaikum Kang Amien.Sbuah perencanaan yg matang memang diharuskan dalam suatu usaha kang.namun adakalanya bnyk tmbul trouble dlm pengelolaannya.Smg apa yg Kang Amien sampaikan membawa inspirasi trsendiri buatku.mksh kang

Amien [07:43 AM, 26-Mar-11]

Met pagi jg kang Aden,ya emang harusnya seperti itu tuh manajemen keuangannya.gampang-gampang susah gt ya?cepet kaya???bisa jd sih kang,tergantung kita deh.makasih ya kang Aden doanya.

Amien [07:53 AM, 26-Mar-11]

Wa'alaikum salam wr.br,kang satriavi.monggo kopinya diminum dulu..
Ya memang kang dalam usaha terkadang jatuh bangun.menyakitkan memang!pernah kualami sprt itu kang.yg namanya bangkrut dalam usaha itu udah tdk asing lagi.Oke kang,sama" terima kasih.Selamat beraktifitas ya kang.salam Sukses

Ykubnay [09:10 AM, 26-Mar-11]

Sy pernah gagal usaha keluarga,ni lg coba membangun lagi.. Tips bang amien sangat membantu sy.mksh suxes selalu.

Rao [09:48 AM, 26-Mar-11]

Sip dah mas, saya jg lg mw wirausaha niH

Soen [11:07 AM, 26-Mar-11]

Supaya usaha kang amien lancar, hadirnya seorang anak. Anak adlh rejeki. Maka dari itu istri harus slalu ada ato dekat dgn suami. Kalo emang cepet2 punya momongan, baeknya istri tdk bekerja diluar. (cukup ngurusin RT).
1 lagi kang, untuk usaha sangat diperlukan adanya sponsor. Salah, tlg diralat. Thx

Gunturalif [11:53 AM, 26-Mar-11]

tulisane kok g ketok yo kang..pye iki??

Amien [11:56 AM, 26-Mar-11]

@Kang Ykubnay,semoga sukses ya usaha keluarga akang yg skrg sedang di rintis,jgn takut gagal/bangkrut,dari kegagalan itu sendiri kita instropeksi diri dan belajar dari kegagalan itu,sehingga kita mampu untuk bangkit kembali.salam sukses..

Gunturalif [11:56 AM, 26-Mar-11]

wew..maleh ketok mrgreen

Amien [11:58 AM, 26-Mar-11]

@Bang Rao,oke..bang,selamat berwirausaha ya bang,semga sukses..

Kang Sabel [12:03 PM, 26-Mar-11]

Assalamualaikum kang n met Ciank kang?Wah mantep kang garai kepingin wae kang bina usaha biggrin

Amien [12:06 PM, 26-Mar-11]

@Kang Soen,memang benar kang bhw anak adalah rizqi.namun kami belum merencanakan kehadiran seorang anak,sebab kami belum mampu dalam hal keuangan utk biaya perawatan istri dimasa2 kehamilan dan persalinan kelak.Ya,memang dalam usaha/bisnis sangat diperlukan adanya sponsor,jika usaha itu sendiri sangat prospektif.dgn modal usaha yg besar dan kuat utk menunjang kemajuan usaha/bisnis itu sendiri.

Amien [12:09 PM, 26-Mar-11]

@kang Gunturalif,wah masa sih gak kelihatan textnya.mungkin ini pengaruh dgn backgroundnya.nanti aku ganti deh,biar gak terlalu berat loadnya.

Amien [12:31 PM, 26-Mar-11]

@Kang Sabel,Wa'alaikum salam wr.br met siang jg kang.Mari kang belajar berwirausaha apapun yg penting halal.siapa tahu sukses dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.oke deh kang,met beraktifitas n met weekend..

bewoxstars [02:04 PM, 26-Mar-11]

usaha yg gampang tpi untungnya gede apa y sob??

Amien [02:34 PM, 26-Mar-11]

@Sobat Bewoxstar,sebenarnya usaha apapun bisa gampang,asal kita mampu menguasainya atau mengelolanya.aku tawarkan berbisnis pulsa elektronik,jika tertarik silahkan kunjungi konter onlineku di http://pulsaetronic.wen9.net

bewoxstars [04:32 PM, 26-Mar-11]

ow gtu y sob,..
Wahh,mkasih sob..tpi mslahnya ane lg ga da dwit bwat mdalnya sob,hehe

Amien [06:14 PM, 26-Mar-11]

Ya kapan2 jg gak apa2 sob,nyantai aja gak usah buru2.siapa tau suatu saat ada rejeki,bisa buat modal..

Soen [08:40 PM, 26-Mar-11]

Besok ato skarang sama aja, bedanya lbh dulu. Jgn takut gak mampu dgn smua biaya, bukankah Allah lbh tau? Kita kan cm berusaha, ntah dikasih skrg ato belakangan, Allah yg menentukan. Hadirnya anak menambah kehangatan dn kbahagian kluarga, insya Allah. Andai saja aku udah beristri pengen banget langsung punya momongan.
Baik itu usaha kecil2an sponsor/iklan sangat diperlukan. Kita sendirilah yg beriklan, misale dari mulut ke mulut (gethok tular).
Dawuhe Rosul saw modal utama usaha bukanlah uang, tapi kepercayaan/kejujuran. Ngono wingi2 aku moco neng internet. Aku spendapat, mungkin teman ada pendapat lain?

Opick ngeBlog [09:31 PM, 26-Mar-11]

assalamu 'alaikum. Met malam kang Amien. Suatu pencerahan yg menggugah hati saya. Puluhan tahun saya mrantau kang, sudah bermacam usaha saya jalani. Usia pernikahan saya belum genap 10 tahun, padahal kami tak pernah terpisah dalam 1 kamar. Allah belum berkehendak memberi kami amanat berupa anak. Kami pasrah. Mungkin benar kata kang Sun, anak pembawa rizqi, walau kami tak pernah mengeluh dlm hal rizqi, tapi yg namanya ortu pasti bertanya. 'usaha bertahun-tahun, mana hasilnya?' kami hanya bisa menarik nafas dalam-dalam. Kami hidup kayak tukang parkir, pendapatan kadang melampaui pengeluaran, walau kami makan dgn seadanya, beli bajupun stahun skali. Astaghfirullah, lapangkan hati kami Ya Allah. Mungkin ini yg terbaik buat kami agar senantiasa mengingat-Mu stiap saat.

Amien [10:17 PM, 26-Mar-11]

@Kang Soen,Betul sekali,mengenai sponsor aku sependapat dgn kang soen.Walaupun kami belum merencanakan adanya kehadiran momongan/anak.Tapi jikalau Allah swt berkehendak lain yaitu memberikan kami seorang Anak lebih cepat,Kami(aku dan istri),tetap mensyukurinya,kami tidak akan menolak,kehadiran anak adlh suatu Anugerah yg patut kita syukuri.Maka dari itu sblm kami mempunyai momongan,kami berusaha belajar menabung dari sekarang,untuk masa depan.Terus terang,kami berdua tidak takut masalah biaya.karena aku percya,bhw sgla sesuatu Allah yg mengatur,termasuk rizki.dan benar bhw kita hny berusaha.Terima kasih kang soen atas pencerahannya.kami tetap mensyukurinya jika memang Allah memberikan seorang anak hari besok juga.Karena Allah yg menentukan.

Soen [10:35 PM, 26-Mar-11]

Kang opick@, alhamdulillah kebahagian kang opick beserta istri tercinta tdk dimiliki kebanyakan mereka yg hidup berkecukupan (kaya). Coba konsultasi ke dokter kang.
Aku do'ain semoga kang opick segera dikarunia anak, lancar rejeki, sukses dunia akhirat. Amiin..
Ketika dihisab orang kaya banyak dipertanyakan mengenai hartanya.
Kang amien@, yoi kang. Betul banget, aku sependapat.

Amien [10:40 PM, 26-Mar-11]

Wa'alaikum salam wr.br Kang Opick,salam sejahtera.Memang benar kang bahwa anak adalah pembawa rizki.Tapi jika belum mempunyai anak,kita sudah beristri bahwa pemberian rizki sudah dibagi masing2 pihak oleh Allah swt,maksudnya,misalkan dari pihak suami rizki sedang seret/kosong,rizki bisa berpihak pada istri,juga sebaliknya.Itu terjadi pada aku,aku merasakannya setelah menikah,jika aku rizki sedang kosong,dari istri rizki tetap mengalir,juga sebaliknya.terkadang jika nasibnya lebih baik kami berdua sama2 memperoleh rizki.Jadi sabar aja kang.Sbgai suami istri hrs sama2 mendukung dlm ikhtiar/usaha,sama2 berdoa,sabar,dan tawakal.Terus terang aku menceritakan komentar kang opick ini kpd istriku,krn kebetulan mlm ini aku sedang berkumpul dgn istri.disini,kami berdua,mendoakan buat kang opick dan istri,semoga Allah swt segera mengaruniakan seorang anak.dikirim salam dari istriku kang opick.

Qidam akhir rivalldy [01:01 AM, 27-Mar-11]

Kunjungan tengah malam sob, met istirahat, nice post.. mrgreen

Hadi [01:43 AM, 27-Mar-11]

mrgreensmg lancar usahxa..slm knlbiggrin

Amien [04:36 AM, 27-Mar-11]

@Sobat Qidam,terima kasih kunjungannya diterima dgn senang hati..salam sejahtera untukmu sobat..

Amien [04:38 AM, 27-Mar-11]

@Sobat Hadi,terima kasih ya sob atas kunjungan dan doanya.salam kenal kembali..dan salam persahabatan.

Hani91 [09:28 AM, 27-Mar-11]

ka amien@ happy weekend.. Hmz.. Smga mkin sukses y ..


Ka opick@ ade do'a kan muga kk cpet dpt momongan ea,, yg sbar... Betul tuh, coba knsultasi k dkter.

Soen@ cment'y mantap emz..

Amien [09:43 AM, 27-Mar-11]

@De Hani
Hai,de..happy weekend to you..terima kasih atas doanya ya de?

Mari kita doakan buat ka Opick,semoga cpt diberi momongan.aku terharu ma ka opick..

Opick ngeBlog [10:38 AM, 27-Mar-11]

buat kang Amien, saya ucapkan terimakasih dan selamat bergabung. Salam sukses selalu.

Gunturalif [12:18 PM, 27-Mar-11]

Assalamu'alaikum..rame bnget disini..

Amien [01:14 PM, 27-Mar-11]

@Kang Opick,sama-sama terima kasih
..::..salam sukses..::..

@Kang Gunturalif,wa'alaikum salam wr.br,rame iki kayak sedang hajatan..hehe..

Samidnawa [05:15 PM, 27-Mar-11]

Assalamu'alaikum wr.wb...
Ikut nyimak kang. Terima kasih atas ilmunya. Bikin semangat mjd2.

Amien [06:26 PM, 27-Mar-11]

Wa'alaikum salam Kang Samid,monggo kang disimak,moga bermanfaat..terima kasih kang..

Aqin [10:40 PM, 27-Mar-11]

Terima kasih atas pencerahanya kang, sangat bermanfaat dan memotivasi. 2 bulan lalu usahaku bangkrut karena difitnah orang dan aku merasa terpuruk. Saat ini aq mulai bangkit hijrah ke kampung halaman membuka usaha percetakan hanya bermodalkan PC butut dan printer minjem dan berdagang kecil2an untuk menafkahi anak dan istri. Mari kita saling mendo'a kan kang semoga dilapangkan hati,dimudahkan segala urusan serta diberkahi dalam berikhtiar. Amiin

Amien [10:23 AM, 28-Mar-11]

Sama-sama kang Aqin,terima kasih.ya,mari kita saling mendoakan kang,karena doa mendokan dlm kebaikan adalah jurus yang paling ampuh untuk menyemangati hidup..semoga Allah swt melapangkan hati kita,dimudahkan segala urusan,dimurahkan rizkinya..amin ya rabbal'alaminn.

Opick ngeBlog [08:00 PM, 28-Mar-11]

alhamdulillah banyak yg mendo'akan kami. Semoga yg berkirim do'a mendapat balasan yang setimpal dari Gusti Alloh SWT.
Memang kami belum sempet ke dokter memeriksakan diri. Kami khawatir, cuma dimanfaatin isi dompetnya saja. Tapi kami sering pijat tradisional. Mungkin entah kapan, harapan kami kan jadi kenyataan. Insya Allah salam dari istri kang Amien akan saya sampaikan ke istri saya. Saat ini dia sedang nggosok baju di rumah bosnya.
Oke semua. Thx 4ever.

Gunturalif [07:19 AM, 29-Mar-11]

assalamu'alaikum kang amin..moga tmbah sukses usahanya..
@ kang opick,maaf kalau menurut saya pribadi..lebih baik ke dokter dulu untk mengetahui keadaan kita,setelah kita tau permasalahannya,baru kita mengambil langkah selanjutnya..ke pijat refleksi,atau ke usaha lainnya...maaf cuma saran..

Hani91 [10:03 AM, 29-Mar-11]

guntur@ hani s7 emz..

Ka amien@ hmz, selalu mendoakan ka,,

Amien [11:49 AM, 29-Mar-11]

Selamat siang kang Opick,benar kang mending konsul dl deh kedokter,cuma saran loh kang...

Amien [11:55 AM, 29-Mar-11]

Wa'alaikum salam wr br Kang Guntur,terima kasih doanya..

@De Hani,iya ya kasihan ka Opick,cb byngkan hampir 10th menikah ka opick blm pny momongan.Sabar ya kang Opick...Rekan2 MWB semua selalu mendoa kan kang opick..

Opick ngeBlog [03:41 PM, 29-Mar-11]

Ok thanks kang Gun, nanti kami pertimbangkan. ngumpulin dana dulu. salam smangat buat kang Amien dan semua-mua.

Gunturalif [01:49 AM, 30-Mar-11]

absen lwat tengah malam hehehe...
@iya kang opick..cek ke dokter minimal untuk mengetahui keadaan kita,,dg begitu njenengan dg pasti akan sdikit mudah menentukan langkah selanjutnya...ok kang tak do'akan sgra mendapat momongan amiin..

Hani91 [09:30 AM, 30-Mar-11]

ok..
Ade cma bsa mendoakan yg trbaik untuk smua'y, ka amien, ka opick n maz Qu...gunturalief...

SaLam sayang...

Nanang [10:39 PM, 30-Mar-11]

ok bro ini ada bisnis online gratis yg
mudah & menarik..Eits, tapi walaupun
gratis, ini bukan
berarti bahwa hasilnya juga "gratis".
bahkan hasilnya hasil yang "mahal"
karena situs itu memberikan bayaran
hingga Rp. 277.777.778.500,- untuk
member-membernya wow hasil yang
fantastis bro.
Cara kerjanya cukup mudah, kita hanya
diperintahkan untuk menawarkan orang
lain datang ke URL tertentu. Setiap kali
orang lain bergabung dengan situs yang
dituju, kita akan mendapat bayaran
Komisi Jaringan Rp 40 hingga 10 level
Komisi Sponsor Rp. 140,- hingga 10
level Semakin banyak kita menyebar
URL-nya, semakin banyak juga komisi
yang kita dapat.
Penasaran kan? Ingin join kan? Ingin
tahu gimana cara kerjanya?
Ok, silakan langsung join di =>
http://gajigratis.com/?ref=liliksujayati
jika blm jelas silahkan pelajari dulu dan
kunjungi situsnya langsung.
SELAMAT BERBURU RUPIAH!!

Satriavi [10:07 AM, 31-Mar-11]

Assalamualaikum kang Amien.Mumpung lg bw nih.jd mampir ksini.met aktftas aja ya kang.thanks

Gunturalif [10:27 AM, 31-Mar-11]

assalamu'alaikum kang amin..absen kang hehehe

Amien [12:27 PM, 31-Mar-11]

Wa'alaikum salam wr.br

@Sobat Nanang,oke bro..mga bisnis online nya sukses.

@Kang Satriavi,oke thnx kunjungannya.met beraktifitas jg buat akang.

@Kang Guntur,maturnuwun absennya selalu diterima dengan senang hati..slmt beraktifts

salam kompak selalu buat kalian..

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images